Jumat, 21 November 2008

Tamu Belanda Kunjungi FKUB






FKUB,News
Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK-UB), mendapatkan tamu pakar dari Erasmus University Medical Center dari negeri kincir angin Belanda, yakni Prof Dr Henri A Verbrugh PhD dan Dr Jan Nouwen,PHd, Keduanya diterima langsung oleh Dr.dr. Samsul Islam, SpMk., Mkes Dekan Fakultas Kedokteran Unibraw.
Selain itu juga kedua pakar itu memberikan kuliah tamu di auditorium lantai VI gedung pusat pendidikan FK-UB, yang diikuti Ratusan mahasiswa yang rata-rata duduk pada semester 5 memenuhi ruangan itu.
Disampaikan Dr. Samsul Islam kedua tamu tersebut sengaja diundang untuk memberikan materi perkuliahan kepada mahasiswa sebagai bentuk kerjasama selain penelitian antara kedua institusi. Erasmus University Medical Center dengan Universitas Brawijaya (UB).
Prof Dr Henri A Verbrugh PhD pada acara kuliah tamu itu menyampaikan tentang Emerging Infections. Ia banyak membahas tentang penyakit endemik dan pandemik yang banyak terdapat di Indonesia. Menurutnya, banyak sekali penyakit-penyakit yang tersebar di Indonesia, mulai dari malaria sampai avian influenza. Hanya saja seberapa besar dan data sebarannya sampai mana saja masih belum diketahui.
Ia juga mengkritisi kondisi laboratorium-laboratorium mikrobiologi di beberapa fakultas kedokteran di Indonesia, yang menurut dia masih kurang memadai fasilitasnya. Keadaan ini menjadikan aktivitas penelitian juga menjadi minim. Padahal menurutnya, Indonesia memiliki mahasiswa-mahasiswa dengan potensi peneliti dan objek penelitian yang sangat banyak. Ia berharap ada terobosan-terobosan baru untuk mengatasi masalah ini.
Ditambahkan oleh Dr dr Samsul Islam SpMK MKes Dekan Fakultas Kedokteran Unibraw kepada FKUB News, bahwa dengan adanya tamu dari erasmus University Medical ini diharapkan bisa mweningkatkan hubungan timbal balik antara kedua perguruan tinggi baik Erasmus maupun FKUB. Selain itu mahasiswa akan mendapatkan tambahan pengetahuan tentang perkembangan ilmu kedokteran yang ada di negeri lain Belanda pada khususnya.(eas0

Tidak ada komentar: