Minggu, 21 Juni 2009

Warga Gubuk Klakah Antusias Mengikuti Baksos PSPDG Kerja Bareng Dengan PDGI


Keterangan Foto: Pose bersama para dokter dosen PSPDG FKUB dengan pengurus PDGI Malang Raya (ard)



Keterangan Foto: Seorang dokter Memeriksa Salah seorang pasien pengobatan gratis. (ard)

Keterangan Foto : Para Team Medis yang mengikuti Baksos gratis PSPDG (ard)




Keterangan Foto : drg.M. Chair Effendi,SU,SpKGA Ketua PSPDG FKUB bersama ketua PDGI drg.Wiwien Windrati Ketua PDGI Malang Raya (ard)

Media Center, FKUB
Sekitar 170 warga desa Gubuk Klakah Kecamatan Poncokusumo mengikuti pengobatan secara gratis, mereka sebagian besar mengalami gangguan penyakit gigi dan mulut. Pengobatan gratis yang dilakukan oleh Program Studi Pendidikan Dokter Gigi (PSPDG) yang bekerjasama dengan PDGI Malang Raya berlangsung Minggu (21/06) di Balai Desa Gubuk Klakah Poncokusumo Kab Malang.
drg.M. Chair Effendi,SU,SpKGA Ketua PSPDG FKUB menyampaikan bahwa, para calon dokter yang sedang studi di FKUB itu perlu terjun kemasyarakat, agar mengetahui secara persis bagaimana melayani pasien dengan baik, sehingga nantinya mereka keluar sudah siap, tidak canggung lagi untuk memberikan pelayanan. Baksos dari PSPDG ini akan dijadikan agenda tahunan, tentunya akan dicarikan beberapa daerah yang masyarakatnya butuh bantuan pengobatan murah dan gratis. Hal senada juga disampaikan drg.Wiwien Windrati Ketua PDGI Cabang Malang Raya, bahwa karena di FKUB sudah ada program studi Gigi maka PDGI akan semakin sering turun ke masyarakat untuk Baksos secara gratis, tentunya m lebih banyak pada penyakit Gigi dan mulut.
Sementara drg.R.Setyohadi, MS Ketua panitia menyampaikan bahwa pengobatan gratis awalnya ditargetkan minim 150 orang, tapi tampaknya cukup antusias masyarakat sehingga jumlahnya cukup banyak dan mereka sangat senang, karena untuk baksos kususnya penyakit gangguan pada gigi dan mulut cukup jarang, sedangkan yang sering penyakit yang sifatnya umum. Sekitar 50 tenaga medis diturunkan untuk mengikuti baksos terdiri darai mahasiswa PSPDG FKUB,dosen dan tenaga medis dari Puskesmas Poncokusumo.
Kades Gubuk Klakah HM. Dimyati menyampaikan bahwa masyarakat Gubuk Klakah menyambut baik Baksos PSPDG FKUB, bahkan sempat terlontar bahwa masyarakat membutuhkan tenaga dokter, untuk membantu peningkatatan pelayanan di Puskesmas Kecamatan Poncokusumo.” Kalau saya liat dari jumlah warga semakin banyak, sudah saatnya di Puskesmas ditambah tenaga dokternya,” tandas Dim.
Bahwa semakin bertambahnya penduduk tentunya diperlukan tenaga medis di Puskesmas agar bisa meningkatkan layanan kesehatan,” tambah Kades seraya menyampaikan bahwa penduduk desanya saat ini mencapai 3200 jiwa. (ardan)

Tidak ada komentar: