Kamis, 12 Maret 2009

Perawat ujung tombak Pelayanan di Rumah Sakit 50% Ners Baru FKUB Di Sumpah



Keterangan Foto : Pimpinan FKUB Foto bersama dengan 50 Ners Baru (eas)

Media Center, FKUB
Perawat merupakan bagian dari tenaga kesehatan yang memiliki kontribusi besar dalam pelayanan kesehatan khususnya rumah sakit. Data terbaru dari direktur keperawatan dan keteknisan medik Dirjend Bina Pelayanan Medik DEPKES RI proporsi perawat kurang lebih 40% dari seluruh tenaga kesehatan di Indonesia, dari total jumlah yang ada 65% bekerja di Rumah sakit. Tutur Dr. Achmad Thamrin Jazuli , Sp. JP Direktur RSU Saiful Anwar Malang dalam sambutanya sumpah 50 Ners baru FKUB Kamis (12/3) kemarin di Gedung Gramedika FKUB.
Dikatakan perawat adalah tenaga yang selama 24 jam disisi pasien , untuk peran perawat dalam menjaga keselamatan pasien adalah sangat penting. Oleh karenanya perawat harus bisa meningkatkan mutu dan perkembangan IPTEK keperawatan secara lebih efektif dan efesien. Ditambahkan thamrin Jazuli kedepan pelayanan keperawatan haruas memperhatikan keselamatan pasien (patient safety) dimana pelayanan kesehatan yang aman merupakan hak dari pasien yang telah mempercayakan kesehatan dirinya ke tangan pemberi pelayanan.
Lebih Jauh dikatakan Dr. Achmad Thamrin pelayanan perawaan kesehatan di rumah sakit 80% dilaksanakan oleh perawat yang bisa diartikan bahwa ketergantungan klien terhadap pelayanan keperawatan sangat tinggi, untuk itu perawat dituntut mampu melaksanakan peran dan fungsinya secara profesional dalam pemberian pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian 70% kepuasan pelanggan dikarenakan perilaku pemberi pelayanan sedangkan yang 30% fasilitas serta sarana dan prasarana rumah sakit.
Sementara Dr. dr. Samsul Islam, SpMK, Mkes Dekan FKUB menyampaikan bahwa saat ini yang dilepas 50 Ners baru, hasil yudisium tanggal 25 Nopember 2008 sebanyak 13 orang tanggal 05 Pebuari 2009 sebanyak 37 orang dengan dilepasnya ners baru jumlah alumni sarjana keperawatan FKUB menjadi 623 orang. Oleh karenanya dekan mengharapkan agar Ners baru FKUB bisa meningkatkan profesionalisme dan bisa mengamlkan ilmunya dengan sebaik mungkin sehingga bisa bermanfaat dimasyarakat. (eas)

Tidak ada komentar: