Selasa, 10 Februari 2009

Seminar BMBC Hingga Pameran Sarana Kedokteran Tempoe Doloe


Keterangan foto : Dr.dr.PWM.Olly Indrayani, SpPD ketua panitia BMBC (eas)

Keterangan Foto: salah satu pemateri BMBC sedang memberikan penjelasan (eas)

Keterangan Foto : Para Peserta BMBC cukup serius dalam mendengarkan seminar (eas)

Keterangan Foto : Mikroskop Cahaya kuno di areal pameran FKUB (eas)
Media Center, FKUB
Kegiatan lain masih berkaitan dengan Lustrum 09 FKUB dilangsungkan seminar Basic Molecular Biology Course (BMBC) yang diikuti ratusan peserta dari beberapa fakultas kedokteran di Indonesia. Acara dibuka oleh Dr. dr5. Samsul Islam, SpMK, Mkes Dekan FKUB bertempat Auditorium Lantai 6 kantor pusat FKUB.
Dr.dr.PWM.Olly Indrayani, SpPD ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan BMBC ini yang ke 7 sedangkan, untuk saat ini diselenggarakan berkaitan dengan lustrum 09 FKUB, sedangkan materi yang dibahas berkaitan dengan penyakit kangker , dengan pemateri didatangkan sejumlah pakar yang berkaitan dengan penyakit kangker soluisi dan alternative penyembuhanya .
Dalam salah satu cuplikan makalah dari dr. Erwin Christianto. MGizi, SpGK dengan juul The role Micronutrient In Cancer in the Post-Genomic Era : Funtion Beyond Antioxidant dijelaskan bahwa sampai saat ini penyebab penyakit kanker secara pasti belum diketahui, sedangkan untuk sementara diet mendapatkan perhatian khusus, karena terdapat banyak bukti yang menunjukkan bahwa diet berperan penting dalam etiologi kanker.
Diet yang tidak seimbang telah lama dicurigai memicu insiden n berbagai penyakit degeneratif termasuk kanker. Dalam makalahnya Doll dan Peto pada tahun 1981 menyimpulkan bahwa sampai 70% kanker disebabkan oleh diet yang salah . Sedangkan dalam consensus saat ini diet berkontribusi sekitar 30% terjadinya kanker. International Agency For Research Of Cancer , menyimpulkan bahwa diet yang tinggi buah mwenurunkan resiko kanker esophagus dan paru . Sementara diet tinggi sayuran menurubnkan resiko kanker esophagus , kolon dann rektum.Sedangkan buah dan sayuran merupakan sumber utama vitamin dan mineral.

Pameran Sarana Kedokteran
Tempoe Doloe

Kegiatan lain tidak kalah menarik dalam acara lustrum 09 FKUB diadakannya pameran sarana dan prasarana kedokteran tempoe doloe. Mulai dari mikroskop kuno, alat periksa mata, kursi belajar serta berbagai peralatan yang saat ini sudah banyak yang diperbaharui menjadi semakin lebih canggih. Selain peralatan sarana dan prasarana juga pameran foto musium anatomi, serta ploncoan para siswa STKM , yang bisa membuat kenangan tersendiri bagi para alumni dan mahasiswa kedokteran angkatan pertama semasa STKM.
Selain juga sejumlah dokumen kerjasama dengan RSU Saiful Anwar Malang maupun RS Tentara Soepraon sukun. Selain itu juga ada basar yang diikuti Dharmawanita FKUB dan petugas kantin. (eas)

Tidak ada komentar: