Minggu, 13 September 2009

Mahasiswi Jurusan Gizi FKUB Terpilih Ikuti Program Pertukaran Pemuda Indonesia -Kanada


.

Mahasiswa Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB), Rizky Sulistyowati, terpilih mengikuti Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Kanada. Kegiatan tahunan yang terselenggara sejak 1974 ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenegpora RI) dan Canada World Youth (CWY). Sebanyak 36 pemuda Indonesia dan Kanada akan mengikuti program ini selama 6 (enam) bulan, 3 (tiga) bulan di Kanada dan 3 (tiga) bulan di Indonesia. Di Indonesia, program ini nantinya akan dipusatkan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.
Dari ke-18 pemuda pemudi Indonesia, Rizky merupakan satu-satunya perwakilan Jawa Timur. Kepada wartawan , ia menyatakan bahwa masing-masing peserta mewakili 18 propinsi di Indonesia, diantaranya Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Irian Barat, Bengkulu, Aceh, Sumatera Utara dan Bali. Di Kanada mereka akan melakukan berbagai kegiatan yang dikelompokkan dalam work placement dan personal project yang dapat dipilih sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing peserta. Menurut rencana, nantinya Rizky akan ditempatkan di Kota Amherst propinsi Nova Scotia. Disana, mahasiswa Ilmu Gizi angkatan 2005 ini akan dipasangkan dengan seorang peserta dari Kanada, yang merupakan counter partner dan akan menjadi pendampingnya untuk tinggal di rumah sebuah keluarga di Kanada. Kepada wartawan Rizky mengaku tertarik pada dunia public speaking dan kesenian terutama tari. Untuk itu, selama disana ia berencana untuk turut serta dalam program jurnalisme terutama dunia pertelevisian serta pelayanan publik lainnya. Terkait personel project-nya, ia berencana untuk bergabung dengan kelompok dancer yang merupakan salah satu program ekstrakurikuler di Amherst College, salah satu perguruan tinggi di Kota Amherst. Berbagai program yang akan diikuti diantaranya kegiatan kebudayaan yang akan diselenggarakan setiap bulan serta Education activity day yang diselenggarakan tiap minggu di Propinsi Nova Scotia. Berkaitan dengan hal tersebut, Rizky mengaku tengah mempersiapkan berbagai penunjangnya seperti membawa souvenir, latihan culture performance, dll. Selain itu, ia juga tengah belajar untuk menambah pengetahuan mengenai kebudayaan di Indonesia, khususnya Malang dan Jawa Timur. "Rencananya nanti saya akan mengenakan batik dalam setiap even khusus", ujarnya. Hal ini merupakan salah satu upayanya untuk mengenalkan Indonesia dan Jawa Timur khususnya. Selain itu, sesuai dengan bidang yang ditekuninya, Rizky juga berencana mengeksplorasi sistem kesehatan yang ada disana sebagai pengetahuan pribadinya dalam rangka mencari referensi untuk mengurangi angka gizi buruk.
Lebih jauh, mantan Duta Wisata (Raka Raki) Jawa Timur 2007 ini mengaku bangga terpilih diantara ratusan peserta seleksi. Tahapan seleksi yang dilalui diantaranya tes tertulis (Bahasa Inggris, matematika dan pengetahuan umum), wawancara (kepribadian, pariwisata, wawasan kebangsaan dan kepemimpinan), serta tes kesenian dan uji mental diantara 8 (delapan) besar. Dalam mempersiapkan segala sesuatunya, puteri pertama pasangan Hari Sulisianto dan Hotiyah ini mengaku terbantu dengan pengalamannya ketika menjadi delegasi dalam Asian Beauties Gathering yang diselenggarakan di kota Guang Zhi, China tahun lalu. Secara khusus, ia menceritakan bahwa program pertukaran Indonesia-Kanada ini telah berhasil menelurkan orang-orang besar seperti Teuku Faizasyah (Juru Bicara Departemen Luar Negeri), Sofyan Djalal (Menteri Negara BUMN) dan Teti Fajriati (pembawa acara Buletin Malam RCTI). (ar)

Tidak ada komentar: