Senin, 28 September 2009

Mahasisiswa FK UB 2006 Juara UKM Di Universitas Indonesia


Rakhmad Ramadhan

Media Center, FKUB
Mahasiswa UB berhasil menyabet gelar juara pertama dalam ajang UKM & CSR Go TO Campus 2009 yang dilaksanakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Ide dasar dari ajang ini adalah revitalisasi UKM di Indonesia yang terkena dampak krisis.
Ahmad Rizal Jamhari (FTP 2007), Rakhmad Ramadhan (FK 2006), dan Farid Mubarok (FMIPA 2008) yang tergabung dalam satu kelompok berhasil lolos dalam seleksi tahap awal yang diikuti ratusan peserta. Essay yang mereka buat dengan judul "Tiada Krisis yang Menghadang (Sebuah Study Observasi Kripik Tempe Bu Noer)" menjadi salah satu dari 10 essay terbaik yang diisi oleh 6 kelompok dari tuan rumah UI, 2 kelompok dari ITB, 1 kelompok dari Unpar, dan 1 kelompok dari UB.
Kompetisi antara 10 kelompok teratas berlangsung pada tanggal 27 Agustus. Dari seleksi tahap ini tersaring tiga terbaik yaitu dari UB, UI, dan Unpar. "Dari UI temanya ternak sapi, yang dari Unpar tentang souvenir. Ya macam-macam boneka", tutur Rakhmad ketika diwawancarai ..
Inovasi Tempe
Rizal menceritakan bahwa ide awal menganalisis tentang tempe Bu Noer di daerah Ciliwung, Malang ini adalah adanya kenaikan harga kedelai impor. "Sebagai bahan membuat tempe, kedelai impor pengaruhnya besar dalam masalah harga", tuturnya.
Untuk itu, ia dan kawan-kawannya membuat beberapa inovasi dalam proses produksi tempe. Ia mencampur bahan baku tempe yang biasanya 100 persen kedelai impor dengan kedelai varietas lokal. "Tempe dari kedelai lokal memang gampang pecah kalau diiris. Makanya, kami campur 75 banding 25 antara yang impor dengan lokal", tutur Rizal.
Mereka juga menambahkan tepung mocaf dengan tepung beras. "Harga tepung beras dan mocaf itu khan jauh, jadi kami campur 50:50 biar lebih hemat", ungkap Rizal.
Dalam hal pemasaran, kelompok ini merubah cara pemsaran dengan sepeda motor gerobak untuk pemasaran keliling. "Kami juga membenahi website tempe Bu Noer yang selama ini tidak terurus", kata Rizal.
Beberapa inovasi ini diakui oleh dewan juri menjadi keunggulan observasi. Akhirnya mereka menjadi juara pertama diikuti UI dan Unpar di posisi ketiga. Mereka pulang dengan membawa hadiah uang sebesar Rp.10.000.000,-.[dd)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

selamat ya.. sbg alumni fkub saya turut bangga dg prestasi ini...
maju terus fkub..!