Sabtu, 15 Agustus 2009

Sekitar 82 Mahasiswa Kedokteran Ikuti UKDI di FKUB




Keterangan Foto: Peserta Uji Kompetensi Dokter Indonesia (ard)


Media Center, Fkub
Sekitar 82 mahasiswa Program Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran ikuti Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) di Gedung di Auditorium Lantai 6 kantor pusat FKUB (15/08) kemarin. Peserta 73 orang dari FKUB, 5 orang dari UMM dan 4 orang dari Universitas Jember.
Pengawasan terdiri dari empat orang dari pengawas lokal dan seorang dari pusat. dr.Felicia Kurniawan,Mkes salah seorang pengawas dari pusat pada Media Center FKUB menyampaikan bahwa ,Sesuai dengan tujuan dari Uji Kompetensi, maka materi yang diujikan sesuai dengan kompetensi atau standard profesi yang dibutuhkan dokter Indonesia sebagaimana tertuang dalam KIPDI 3 dengan tetap memperhatikan aspek – aspek lain sehingga dapat menjamin sifat komprehensifnya.
Lebih jauh dikatakan Berkenaan tujuan dari ujian ini adalah untuk mengetahui atau menguji kompetensi seorang dokter, maka ujian akan menitikberatkan pada prinsip-prinsip ilmu kedokteran dasar dan klinik yang sangat penting di dalam praktek klinik di masyarakat maupun di dalam pendidikan kedokteran tahap pascasarjana, dengan mengutamakan penguasaan prinsip – prinsip dasar mekanisme timbulnya penyakit, “Clinical Reasoning”, serta “Critical Thinking” dalam kerangka pemecahan masalah / Problem solving. Keseluruhan soal yang dikembangkan harus bersifat terintegrasi dan menguji secara utuh kompetensi yang dibutuhkan seorang dokter dalam menghadapi berbagai permasalahan kesehatan dan klinis yang akan dihadapinya.
Tujuan dari Uji Kompetensi Dokter Indonesia dikatakan dr. Felicia adalah untuk memberikan informasi berkenaan kompetensi pengetahuan, ketrampilan, dan sikap dari para lulusan dokter umum secara komprehensif kepada pemegang kewenangan dalam pemberian sertifikat kompetensi sebagai bagian dari persyaratan registrasi, untuk kemudian seorang dokter dapat mengurus pengajuan surat ijin praktek dokter atau “medical license”.
Sedangkan dari jumlah peserta belum tentu lulus semua, menunggu hasil UKDI sekitar satu bulanan baru bisa diumumkan. (eas)

Tidak ada komentar: