Selasa, 04 Agustus 2009

Peran Ners Cukup Besar di Rumah Sakit Hampir 24 Jam Pasien Ditunggu Perawat


Keterangan Foto: Dekan FKUB Dr.dr.Samsul Islam,SpMK.MKes (ard)

Media Center,Fkub
Sekitar 686 orang lulusan setelah ada tambahan 63 Ners baru dari program study keperawatawan dilepas oleh Dekan FKUB Dr.dr.Samsul Islam,SpMk,MKes di Gedung Gramedika Kamis (30/7) belum lama ini. Dengan bertambahnya alumni ners, maka makin besar kontribusi FKUB dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa.
Ditinjau dari kebutuhan bangsa akan ners , jumlah yang diluluskan masih jauh dari harapan.Akan tetapi Dr.dr. Samsul Islam berkeyakinan kesenjangan kuantitas ini, sedikit dapat tertutup bila para ners alumni FKUB selalu meningkatkan kualitas pengabdianya. Ditambahkan juga seorang perawat yang profesional mampu menegakkan diagnosa keperawatan dan melakukan tindakan keperawatan untuk memenuhi kebutuhan dasar keperawatan seorang penderita.Tindakan keperawatan yang didasari penghetahuan yang cukup akan menghasilkan asuhan keperawatan yang berkualitas. Tentunya,dengan kemampuan penegakan diagnose keperawatan maka penanganan penderita yang telah ditegakkan diagnosam medisnya akan terlaksana dengan baik.
Secara terpisah dalam sambutan Direktur RSU Dr. Saiful anwar Malang dr. Achmad Thamrin Jazuli,Sp.JP disampaikan bahwa perawat merupakan bagian dari tenaga kesehatan yang memiliki kontrobusi cukup besar dalam pelayanan kesehatan khususnya dalam upaya pelayanan keperawatan di rumah sakit. Data terbaru dari Direktur keperawatan dan keteknisan medic Dirjend Bina pelayanan medic Depkes RI proporsi perawat kurang lebih 40% dari seluruh tenaga kesehatan di Indonesia, dari total jumlah 65% bekerja di rumah sdakit.Pada keseharianya , perawat adalah tenaga yang selama 24 jam berada disisi pasien.Oleh, karenanya peran perawat dalam menjaga keselamatan pasien sangat utama.(eas)

Tidak ada komentar: