Selasa, 20 Januari 2009

Sekitar 20 Dokter Baru FKUB Disumpah Diharapkan Bisa Profesional & Jaga Citra Dokter


Keterangan Foto: Para dokter baru berpose bersama dengan pimpinan FKUB, setelah dilakukan sumpah. (ist)

Keterangan Foto: Dekan FKUB Dr. dr. Samsul Islam, SpMK.Mkes dan beberapa pimpinan FKUB menyaksikan sumpah para dokter baru. (ist)

Keterangan Foto: Pembacaan sumpah yang dilakukan oleh wakil dokter dan diikuti oleh seluruh peserta. (ist)

Keterangan Foto: Dekan FKUB Dr. dr. Samsul Islam, Sp.MK. Mkes sedang memberi selamat pada salah satu dokter baru. (ist)

Media Center, FKUB
Fakultas kedokteran Universitas Brawijaya Malang melepas 20 dokter baru hasil yudisium dokter Tanggal 18 Desember 2008.” Dengan dilepasnya lulusan ini jumlah lulusan dokter FKUB menjadi 3602 orang tenaga dokter,” tutur Dekan FKUB Dr. dr. Samsul Islam, SpMK,Mkes dalam sambutan sumpah dokter di Gedung Gramedika Senin (19/1) belum lama ini.
Sumpah dokter merupakan satu kewajiban yang harus dilaksanakan , sebelum terjun untuk melayani masyarakat ataupun penderita.” Oleh karenanya seluruh dokter harus bisa menghayati dan mengamalkan sumpah yang telah diucapkan dan diplikasikan pada pada penderita, kologa maupun para guru yang telah mengajarnya,”tandas Dr. Samsul Islam.
Ditambahkan bahwa pemerinrah melalui DEPKES akan mempercepat pemerataan pelayanan spesialistik diseluruh Indonesia dengan memberi peluang untuk beasiswa PPDS dan sekaligus diangkat menjadi PNS daerah. Oleh, karenanya para dokter baru hendaknya bisa menggunakan kesempatan ini dengan baik, karena sesuai dengan ketentuan IDI bahwa untuk memperpanjang ijin praktek harus memperoleh 250 kredit dengan kegiatan selama 5 tahun.Tentunya para dokter baru harus selalu mengikuti pendidikan kedeokteran berkelanjutan .
Menjaga Citra Kedokteran
Secara terpisah dr.Achmad Thamrin Jazuli,Sp.JP(K) mengharapkan para lulusan bisa membawah citra positip dikalangan masyarakat umum.SElain itu juga tidak akan melakukan tindakan yang merugikan masyarakat serta melanggar hokum.Karena saat ini banyak terjadi penyalahgunaan profesi kedokteran yang telah mencoreng nama dokter dan profesionalis kedokteran pada umumnya.Tentunya para lulusan harus mampu menjaga etika kedokteran dan bekerja secara profesionalisme.
Sedangkan menurut ketua jurusan Pendidikan dokter Dr.dr. Basuki B. Purnomo, SpU dari 20 dokter baru yang mendapatkan predikat Cumlaude diantaranya dr. Deviana IPK : 3,58, 2.dr. Nurahma Wahyu Fitriyani IPK : 3,56, 3. Dr. Rais Fadlan Siregar IPK : 3,54 Sedangkan 20 dokter yang disumpah dr. Andi M. Ardan, S.ked,dr.Satwika Budhi Pradhana, S.Ked, dr.Fitri Munira Pitaloka, S.ked, dr. Robby Haryanto, Ked, dr. Dea Amanda, S.ked, dr. Debrina Eka Carina,S.ked,dr. Deviana, S.ked, dr. Dilia ratna Dewi, S.ked, dr. I ketut Hary Widyatama, S.Ked,dr. Liyana Dewi.S.Ked, dr. Nurrahma Wahyu, S.Ked, dr. Primka Digita Edhastian, S.Ked, dr. Rais Fadlan Siregar, S.Ked, dr. Reinistyowati, S.Ked, dr. Anom Jasafa, S.Ked, dr. Bagus Nur Graha wahyu Aji, S.Ked, dr. Ira Prasanti, S.Ked, dr. Rina Oktridarma, S. Ked. (eas)

Tidak ada komentar: